Marquez Dihukum Pengurangan Satu Poin

marquezgetty460Sepang – Marc Marquez akhirnya dijatuhi hukuman terkait insiden dengan Dani Pedrosa di Aragon. Tapi sanksi yang diterima rookie Honda itu tak berat karena poinnya hanya dikurangi satu.

Keputusan penalti satu poin buat Marquez dibuat oleh Race Direction dalam pertemuan yang digelar di Malaysia, Kamis (10/10/2013) pagi ini. Hadir juga dalam hearing tersebut Dani Pedrosa.

Dikutip dari Autosport, Marquez dinyatakan bersalah atas senggolannya dengan Pedrosa saat membalap di Aragon dua pekan lalu. Dan sanksi yang dijatuhkan pada rider Honda berusia 20 tahun itu adalah pengurangan satu poin.

Sanksi tersebut memastikan Marquez tak kena hukuman mundur grid di MotoGP Malaysia akhir pekan ini. Berdasarkan aturan MotoGP musim 2013, pebalap akan dapat hukuman mundur ke grid paling belakang jika dia dihukum pengurangan empat poin. Sementara sanksi tujuh poin mewajibkan pebalap start dari pitlane, dan terakhir adalah larangan membalap jika disanksi 10 poin.

Dua pekan lalu di Aragon, motor Marquez dan Pedrosa bersenggolan saat memperebutkan posisi kedua. Meski sentuhan antara keduanya sangat minim, namun itu ternyata merusak kabel sensor traksi di motor Pedrosa. Alhasil, beberapa meter setelah senggolan terjadi, Pedrosa mengalami kecelakaan dan gagal melanjutkan balapan.

Ini menjadi hukuman pengurangan poin kedua yang didapat Marquez. Sebelumnya dia dihukum pengurangan dua poin akibat insiden saat menjalani pemanasan di MotoGP Inggris. Alhasil, Marquez kini punya poin 277, unggul 38 atas Jorge Lorenzo yang menguntit di posisi kedua.

Poin Marquez bukan satu-satunya yang dikurangi. Race Direction juga memutuskan untuk mencabut 25 poin konstruktor yang didapat Honda atas kemenangan Marquez. Itu membuat keunggulan Honda atas Yamaha menjadi tinggal satu poin saja di klasemen konstruktor.

Sumber : http://sport.detik.com/read/2013/10/10/123823/2383403/81/marquez-dihukum-pengurangan-satu-poin?s99220269

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s